Fakultas Kedokteran Gigi UMI Optimalkan Proses Belajar Aktif

Fakultas Kedokteran Gigi UMI Optimalkan Proses Belajar Aktif

Belajar adalah proses aktif, untuk mengoptimalkan proses interaksi aktif dan partisipasi aktif dari mahasiswa dan dosen. Sehingga mahasiswa mampu memiliki pemahaman melalui suatu proses yang difasilitasi oleh dosen.

Untuk membangun pemahaman, bisa berlangsung melalui metode pembelajaran yang mendorong interaksi aktif seperti problem based learning, case based learning dan sebagainya yang disimulasi oleh masalah atau kasus yang kontekstual, hal inilah yang mendasari pelatihan tutor problem based learning bagi dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) agar terbangun proses belajar aktif dan menerapkan metode dengan mengacu pada berbagai situasi mahasiswa, hal ini disampaikan WD 3 FKG Drs. H. Ilyas Umar, MA pada acara pembukaan pelatihan tutor problem based learning dosen FKG UMI diaula FKG UMI kampus 1 (30/3).

“Saya mengharap bapak ibu dosen FKG betul-betul serius dan disiplin mengikuti seluruh rangkaian acara sebagai bekal penguasaan terhadap kompetensi dosen sebagai fasilitator atau tutor,” ungkapnya.

Peran dosen bukan lagi sebagai pentransfer ilmu (knowledge) tetapi dosen adalah fasilitator atau tutor yang mengelola proses pembelajaran dan mengembangkan media ajar yang sesuai agar dapat berperan optimal dalam memfasilitasi mahasiswa secara aktif.

Sementara itu, ketua panitia drg. Lilis mengatakan bahwa pelatihan ini akan berlangsung tanggal 30 Mei s.d 1 April dan diikuti 20 orang peserta dengan menghadirkan narasumber Dr. Adam Malik Hamudeng dan Drs. Irfan Sugianto, M.Med.Ed dengan bentuk materi ceramah dan praktek.

Previous FKG UMI Lolos 5 Besar Lomba Kesehatan Peragaan Gigi Tk. Nasional
Next Calon MABA Kedokteran dan Kedokteran Gigi UMI Wajib Tes TOEFL

You might also like

FKG UMI Lolos 5 Besar Lomba Kesehatan Peragaan Gigi Tk. Nasional

Kembali tahun ini, UMI masuk dalam 5 besar lomba peragaan kesehatan gigi tingkat nasional, hal ini disampaikan Rektor UMI saat meninjau pelaksanaan Try Out UN siswa SMA/sederajat di Auditorium Al-Jibra

FKG UMI Lahirkan Alumni Pertama Kedokteran Gigi

Fakultas kedokteran gigi sebagai fakultas termuda dari 13 fakultas strata satu yang dibina Universitas Muslim Indonesia, telah berhasil menghasilkan sarjana kedokteran gigi angkatan pertama dengan jumlah 48 orang. “Alhamdulillah, Fakultas

Calon MABA Kedokteran dan Kedokteran Gigi UMI Wajib Tes TOEFL

Setelah mengikuti ujian tertulis pada 13 Juli 2015, calon maba UMI wajib kembali mengikuti tes wawancara pada 14 Juli. Namun, tes wawancara ini hanya berlaku bagi calon maba non Fakultas

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply